[Review] Travelling Aman Bersama Garda Mobile Medcare

"Manusia boleh berencana, Tuhan juga yang menentukan..."

Ya namanya juga hidup, gak semua bisa berjalan sesuai keinginan. Begitu juga saat gue traveling. Preparation sudah siap 100%, gak tahunya pas hari H atau di tengah-tengah perjalanan tiba-tiba ada aja kejadian yang buat perjalanan kita jadi kurang nikmat. Entah itu karena ada barang penting yang tertinggal sampai badan yang mendadak sakit.


Hal-hal seperti itu pastinya buat perjalanan jadi gak seindah yang dibayangkan. Niatnya mau snorkeling di sekitar pantai, tapi karena badan yang tiba-tiba meriang atau flu jadi batal deh snorkelingnya. Alhasil seharian kita hanya tiduran aja di kamar. Apalagi kalau kita travelling ke tempat yang baru pertama kali kita datangi. Pasti bingung deh mau cari dokter dimana dan beli obat di apotek mana. Apalagi kalau kita solo travelling, untuk bergerak keluar kamar sekedar bertanya dimana lokasi rumah sakit terdekat aja gak bisa. Lalu hanya mengandalkan obat-obatan yang kita bawa dari rumah dan belum tentu obat tersebut sesuai kebutuhan kita. Repot kan jadinya.
garda mobile medcare

Masalah seperti itu pernah gue alami saat lagi road trip dari Jogja ke Bandung waktu kuliah. Lagi asyik-asyiknya melakukan perjalanan bareng teman-teman, badan gue mendadak demam dan kepala pusing. Gue gak mau mengganggu itinerary yang sudah dibuat, jadi gue membiarkan teman-teman melanjutkan perjalanannya sementara gue ditinggal di kamar hotel sendirian. Gue hanya mengandalkan obat demam yang dibelikan salah satu teman gue di minimarket dan tidur seharian. Hingga dua hari kemudian demam belum juga turun dan kondisi gue malah semakin parah. Teman-teman gue akhirnya membatalkan sisa rencana perjalanan dan memutuskan untuk membawa gue segera kembali ke Jakarta. Ternyata saat itu gue kena tipes. Andai saja gue cepat bergerak saat itu ke rumah sakit, mungkin perjalanan mereka tetap bisa terlaksana sampai selesai dan gue bisa cepat ditangani dokter yang tepat.

Gak mau kan mengalami kejadian seperti gue? Sampai sekarang masih suka merasa gak enak sama mereka karena jadi mengacaukan rencana yang sudah disusun jauh-jauh hari.

Walaupun badan sedang dalam kondisi drop dan gak bisa kemana-mana, sekarang sudah ada solusinya. Semua bisa dilakukan hanya dengan satu jari saja. Jaman sudah semakin canggih, guys. Nih, simak baik-baik ya.

First thing first! Kalian download dulu aplikasi mobile Garda Mobile Medcare di playstore. Bisa untuk pengguna android maupun iOs. Tenang aja, aplikasi  ini gak berbayar alias FREE. Uhuk, pasti suka kan yang gratisan? Oh iya aplikasi ini juga bisa dipakai oleh semua orang, termasuk kalian yang belum menjadi customer Garda Medika.

garda mobile medcare

Seperti yang sudah gue katakan, aplikasi ini memberikan solusi pada masalah yang paling crucial saat travelling seperti yang gue alami di atas. Tapi sebelumnya kita bahas satu persatu yuk fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini.


HOME

Begitu kita buka aplikasi Garda Mobile Medcare ini, maka kita akan langsung melihat tampilan menu home seperti di gambar. Ada 9 submenu di sini.

garda mobile medcare


Daily Activity berfungsi untuk mencatat dan memonitor aktivitas sehari-hari kita. Di dalam sub menu ini ada 6 bagian lagi yang berguna untuk mengetahui berat badan ideal, target konsumsi makan dan minum, sampai jam tidur. Setelah mengatur targetnya, kita harus tekan atau geser parameter yang ada di sebelah gambar tetesan air ke atas. Ini juga bisa membantu kita dalam menjalani diet.

garda mobile medcare

Biasanya gue selalu diet sebelum travelling. Sejak kejadian mendadak sakit itu, gue jadi membuat kebiasaan untuk  lebih menjaga pola makan pra-travelling. Selain untuk menajga kesehatan, saat berat badan turun maka otomatis gue jadi gak mudah lelah. Jangan sampai kejadian mendadak sakit pas travelling terjadi sama kalian ya. Dengan aplikasi ini secara gak langsung kita juga membiasakan diri hidup disiplin.

Jadi pada tahu kan berat gue berapa -_-

Saat masa-masa sebelum travelling itu, gue juga membiasakan diri untuk berolahraga. Intensitasnya biasanya lebih sering dari biasanya. Karena selama travelling terkadang kita menemui medan yang gak terduga dan pastinya menguras tenaga. Entah itu naik gunung, tracking berpuluh kilometer, maupun berenang. Kalau gak terbiasa olahraga, pasti akan terasa mudah lelah.


Nah, di dalam menu Wellness, kita juga bisa mengatur target intensitas olahraga sehari-hari. Selain itu kita juga bisa memilih mau melakukan aktivitas olahraga apa dan dimana. Kalau sudah tiba jadwalnya kita berolahraga, maka aplikasi ini akan memberikan notifikasi berupa reminder agak kita gak lupa lagi untuk olahraga.


Ada juga menu yang membantu kita untuk mencatat gejala gejala yang kita rasakan, pengingat kapan waktunya kita minum obat, dan kunjungan dokter. Silahkan cek ke menu Symptoms, Medical Control, dan Medication.


Bagian ini cocok banget buat kalian yang pelupa seperti gue. Sepulangnya dari dokter pasti gue bakal nenteng plastik berisi obat-obatan yang harus diminum sesuai jadwal. Saking banyaknya yang harus diminum, sampai lupa harus minum yang mana dulu dan kapan waktunya. Namanya juga lagi sakit, masih harus disuruh menghapalkan semua obat-obatnya. Repot, kan..


Nah, kalau kalian punya problem kayak gue, coba ke menu Medication. Di situ lengkap banget, guys! Kita bisa menulis nama obat dari A sampai Z, berapa kali sehari harus dikonsumsi, jam berapa harus diminum (pakai alarm sebagai pengingat), dan bisa pakai foto obatnya juga supaya gak tertukar. Jadi gak ada alasan skip minum obat lagi karena lupa deh.


Selain mengingatkan kita untuk minum obat, di menu bagian Medical Control juga bisa jadi reminder buat kita untuk mengetahui kapan jadwal kita harus kembali dan melakukan medical control ke dokter. Medical control kan jadwalnya berkala ya. Ada kalanya kita lupa karena saking udah lamanya. Nah fitur ini berguna sekali karena juga akan bekerja sebagai pengingat seperti alarm. Terkadang saat sudah sampai di dokter, tiba-tiba gue lupa gejala-gejala yang gue rasakan beberapa hari yang lalu. Untungnya di aplikasi ini juga kita bisa catat semua gejala penyakit yang kita rasakan di sub menu Symptoms. Lengkap sekali ya aplikasi ini!


Kalau kita mau menghubungi Garda Akses untuk tanya seputar klaim ataupun informasi lain, bisa langsung pilih menu Call Garda Akses. Kita gak perlu menekan nomor telepon, cukup pilih menu ini maka nanti akan langsung terhubung dengan call center Garda Akses. Mereka siap membantu 24 jam, loh. Hebat!


Khusus customer Garda Medika, bisa juga cek sejarah klaim dan juga manfaat kepesertaan di menu Garda Medika.


Sementara untuk yang suka gratisan seperti gue, buruan cek inbox. Di situ ada e-voucher gratisan yang sangat menarik. Ada gratisan 10 hari trial di Celebrity Fitnes dan e-voucher discount di Optik Melawai sebesar Rp. 500,000. Asyik...




PROFILE

Di sini kita juga bisa numpang narsis dengan mengupload foto profile, tanggal lahir, nomer telepon, dan moner telepon emergency yang berguna banget kalau sewaktu-waktu (amit-amit jabang bayi) kita mengalami musibah, jadi ada keluarga terdekat yang bisa dihubungi.


NEAR ME

Menyambung kisah gue di awal, lalu bagaimana kalau kejadian yang gue alami tadi tiba-tiba terjadi juga pada kalian? Jangan lantas panik dulu, guys. Langsung buka menu Near Me aja.


Di bagian ini ada beberapa sub menu lagi. Pertama, ada Hospital. Kita bisa langsung cari dimana rumah sakit terdekat yang berada di sekitar kita. Jadi kalau kalian mendadak sakit di belahan dunia antah berantah sekalipun seperti yang gue alami, lebih baik langsung ke menu ini.


Kita bisa tahu rumah sakit apa aja yang lokasinya masih di sekitar gue berada saat itu dan ada petanya juga, loh! Bayangin deh, walaupun badan demam, kepala pusing, dan gak kuat berdiri, kita masih bisa cari tahu dimana lokasi rumah sakit terdekat dengan aplikasi ini dan bisa sambil tiduran. Setelah itu bisa langsung telepon rumah sakit minta dijemput pakai ambulance. Simple! Teman-teman yang lain bisa melanjutkan perjalanannya, sementara gue bisa langsung ke rumah sakit tanpa harus merepotkan mereka.


Selain bisa cari lokasi rumah sakit, kita juga bisa cari tahu lokasi Laboratorium, drug store, optik, hingga tempat ngegym favorit dan yang paling terdekat. Woaaahh... keren banget! Gak perlu repot dan kelamaan buka google dulu kalau sudah ada aplikasi ini.


KNOWLEDGE

Selain itu di aplikasi ini juga terdapat berbagai macam tips hidup sehat yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Informasinya bisa kita intip di fitur ini. Lumayan buat menambah pengetahuan.



SETTING

Di menu ini kita bisa menghubungkan aplikasi ini dengan akun facebook maupun twitter kita. Jangan lupa untuk memberitahukan teman-teman kita di social media yang kita miliki ya. Because sharing is caring, isn't it?
**********

Sejauh ini penggunaan aplikasi Garda Mobile Medcare sangat mudah. Fitur-fiturnya juga user friendly, bisa cepat dipahami dan yang paling penting gak bikin ribet. Jadi gak khawatir lagi sekarang dan selalu merasa aman setiap kali travelling karena ada aplikasi ini. Buat yang mau tahu lebih detail bisa cek langsung ke website Asuransi Astra di sini ya.


Anyway, kesehatan itu mahal dan gak perlu menunggu sakit dulu untuk memulai hidup sehat. Semua bisa kita mulai dari sekarang, diawali dengan niat, dan jangan lupa download aplikasi Garda Mobile Medcare. Stay healthy and happy travelling!



Tulisan ini diikutsertakan pada "Medcare Blog Competition"
#gardamobile #medcare

Update: Alhamdulillah menang juara III cyin



FOLLOW ME HERE

  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+


1 Comments

  1. Garda Mobile Medcare besutan asuransi astra ini emang keren banget. Bisa memanage kita dalalm hal kesehatan, karena kesehatan itu yang paling utama. Gak punya uang asal sehat, gapapa, karena sehat itu mahal

    ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!